Penyempurnaan terhadap implenemtasi Kurikulum 2013 dilakukan secara bertahap agar dapat terlaksana sesuai dengan rancangan dan tujuan yang telah ditetapkan. Analisis merupakan satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk memahami, mengidentifikasi, dan mengevaluasi agar dapat dilakukan penyempurnaan terhadap rencana dan program yang dilaksanakan. Analisis atas SKL, KI, dan KD merupakan salah satu tugas guru untuk memahami dan merekomendasikan kurikulum dalam proses implikasinya di kelas.
Contoh Analisis.
Analisis Keterkaitan Ranah Antara SKL, KI, dan KD
untuk Mapel Bahasa Indonesia (Pengetahuan)
Contoh Analisis.
Analisis Keterkaitan Ranah Antara SKL, KI, dan KD
untuk Mapel Bahasa Indonesia (Pengetahuan)
Kompetensi Inti (KI)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Analisis KI
|
Analisis KD
|
Rekomendasi KD
|
||
Bentuk Takso-nomi
|
Tingkat Takso-nomi
|
Kesetaraan Taksonomi
KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
|
Keterca-paian Taksonomi KD Mata Pelajaran
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni,
|
3.1Memahami struktur dan kaidah
teks cerita sejarah, berita, iklan, editoria/ opini, dan cerita fiksi dalam
novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
Sesuai dengan KI kelas
XII
|
Memahami (C2)
|
konseptual
|
Sesuai
|
LOT’s
|
3.2Membandingkan teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
|
Sesuai dengan KI kelas
XII
|
Memahami (C2)
|
konseptual
|
Sesuai
|
LOT’s
|
|
|
3.3 Menganalisis teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
|
Sesuai dengan KI kelas
XII
|
Menganalisis (C4)
|
konseptual
|
Sesuai
|
HOT’s
|
|
3.4 Mengevaluasi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
berdasarkan kaidah-kaidah baik
melalui lisan maupun tulisan
|
Sesuai dengan KI kelas
XII
|
Mengevaluasi (C5)
|
metakognitif
|
Sesuai
|
HOT’s
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar