Fungsi bahasa antara
lain sebagai alat komunikasi yang digunakan secara efektif bagi kebutuhan
ekspresi maupun interaksi sosial antar manusia. Bahasa memungkin setiap orang
untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam setiap kesempatan dan situasi
tertentu. Berkomunikasi tidak hanya melibatkan alat ucap melainkan juga seluruh
tubuh sebagai media ekspresi. Berkaitan dengan aspek bahasa, Jacobson (Language Function, 1960) membagi fungsi bahasa
menjadi enam macam yakni emotif, referensial, metalinguistik, fatik, putik, dan
konatif.
1. Fungsi
Emotif
Fungsi emotif merupakan fungsi personal dan fungsi internal,
maksudnya bertumpu pada penuturnya (addresser).
Fungsi ini digunakan untuk mengungkapkan perasaan/emosi, seperti rasa gembira,
senang, kesal, sedih, dan sebagainya.
2.
Fungsi Referensial
Fungsi
referensial bertumpu pada aspek konteks (context)
atau isi pesan. Fungsi ini digunakan untuk membicarakan sesuatu dengan topik
tertentu.
3. Fungsi
Metalinguistik
Fungsi metalinguistik bertumpu pada
kode (code) bahasa atau aturan-aturan
linguistik, yakni digunakan untuk membahas bahasa itu sendiri.
4.
Fungsi Fatik
Fungsi fatik
merupakan fungsi interpersonal. Fungsi ini bertumpu pada kontak sosial (contact). Pada fungsi ini bahasa digunakan
untuk sekadar ingin tahu mengadakan kontak dengan orang lain.
5.
Fungsi Putik
Bahasa
memiliki fungsi putik manakala bahasa digunakan untuk menyampaikan sesuatau
amanat atau pesan tertentu. Fungsi putik bertumpu pada aspek amanat (massage). Fungsi putik disamakan artinya
dengan fungsi imajinatif.
6. Fungsi
Konatif
Fungsi
konatif bertumpu pada lawan bicara (addresse).
Fungsi konatif disamakan artinya dengan fungsi direktif. Bahasa memiliki fungsi
konatif manakala bahasa digunakan dengan maksud agar lawan bicara mau melakukan
sesuatu.
Untuk mengetahui
persentase penggunaan bahasa berdasarkan fungsi tersebut, penulis mencoba
mengadakan penelitian sederhana berkaitan dengan penggunaan bahasa dalam
kegiatan rutin seorang wanita yang bekerja sebagai guru di sebuah SMP sekaligus
mahasiswa pascasarjana di sebuah universitas di Cirebon selama hampir 24 jam. Data
penggunaan bahasa dilihat dari fungsi bahasa dihimpun dalam tabel berikut ini.
Waktu
|
Kegiatan
|
Ujaran
|
Fungsi
|
04.10
|
Bangun
tidur termenung di tempat tidur, anak nomor tiga masuk bermaksud membangunkan
|
Sudah
bangun dari tadi kok, jadi mau sahur, De?
|
referensial
|
Puasa
sunah, De, ini hari Senin
|
referensial
|
||
04.40
|
Mengambil
air wudu setelah mandi
|
Ayo,
shalat dulu, De. Udah adzan lho. Cepet wudu dulu sana
|
konatif
|
Dih,
gimana jeh? Masa salat sambil merem.
|
emotif
|
||
05.00
|
Memeriksa
kamar anak pertama dan kedua
|
Zen
bangun ... Zen sudah jam lima tuh
|
referensial
|
Ayo
salat, Zen. Masa kalah sama adiknya
|
konatif
|
||
Aih
ini lagi si Uda masih tidur bae.
|
emotif
|
||
Ayo
salat, udah telat tuh.
|
persuasif
|
||
Jangan
he’eh ... he’eh aja
|
emotif
|
||
Lihat
ke jendela, jangan keduluan matahari ah, malu
|
putik
|
||
05.20
|
Mempersiapkan
sarapan,
si bungsu berteriak karena gulingnya
direbut kakak
|
Jangan
diganggu adiknya, Nak. Kasihan masih ngantuk.
|
konatif
|
Nanun
sudah besar, tuh. Ayo mandi cepet gantian.
|
konatif
|
||
Mandi,
terus sarapan, ibu udah buat ayam kentaki nih.
|
referensial
|
||
06.00
|
Mempersiapkan
diri untuk pergi bekerja
|
Makan
sambil nonton, apaan sih.
|
fatik
|
Oh,
siaran ulang tadi malem?
|
fatik
|
||
He’eh
tragis, jauh-jauh ke Malaysia jeh kalah... tragis.
|
emotif
|
||
Uda,
jangan lupa jam 8 ujian, tuh kartunya ada di atas TV
|
referensial
|
||
06.30
|
Mengeluarkan
motor
|
Nun,
udah siap tah?
|
fatik
|
Ayo,
bareng ibu.
|
konatif
|
||
Yah,
ibu duluan sama Nanun, tolong ingetin Salman jam satu ada try out.
|
referensial
|
||
07.00
|
Berbincang
dengan beberapa orang guru
|
Hari
Sabtu jadi ke Stationary?
|
fatik
|
Untuk
masalah ke Dieng bagaimana, Pak?
|
referensial
|
||
Katanya
tabrakan dengan acara HW?
|
referensial
|
||
Eh,
Bu Ida jangan lupa SPJ-nya, kegiatan ini didanai BOS pusat.
|
referensial
|
||
08.30
|
Memerika
pelaksanaan try out
|
Bagaimana,
Pak? Ada masalah?
|
fatik
|
Tidak
apa-apa dibagikan saja soalnya untuk dibawa pulang.
|
konatif
|
||
09.00
|
Berbincang
dengan beberapa orang pegawai TU
|
Yodi
tidak masuk lagi?
|
referensial
|
|
|
Jadi
bandel anak itu, ya.
|
emotif
|
Entahlah,
sudah lama saya tidak ada kontak dengan ibunya.
|
referensial
|
||
Try-out
ini tidak dipungut biaya, kan dari BOS.
|
referensial
|
||
Apa
20 ribu? Keterlaluan tuh anak.
|
emotif
|
||
09.40
|
Mengerjakan
administrasi di ruang kepala sekolah
|
Pindahan
dari mana, Pak?
|
fatik
|
Oh,
... dekat saja ya
|
fatik
|
||
Maaf,
ini masih ada nilai yang belum tuntas, Pak. Empat mapel lagi.
|
referensial
|
||
Saya
mau bicara dulu dengan orang tuanya, Pak.
|
konatif
|
||
Ya,
... silakan duduk, Bu.
|
fatik
|
||
Yakin,
Bu. Anaknya mau dipindahkan ke sini?
|
referensial
|
||
Tentu,
kami tidak berkeberatan kalau itu alasannya. Tetapi masih ada nilai di bawah
KKM empat mata pelajaran.
|
referensial
|
||
Ya,
harus dituntaskan dulu, Bu.
|
konatif
|
||
Sekarang
ibu menghubungi TU untuk administrasi dan persyaratan lainnya.
|
konatif
|
||
12.00
|
|
Bu,
ini ada titipan dari orang tua Rivaldi untuk bulan Juli sampai Desember.
|
referensial
|
Mau
nonton, ya? Film apa sih?
|
fatik
|
||
Oh,
makasih. Saya mau ke kampus.
|
fatik
|
||
Shalat
dulu, hayu...
|
konatif
|
||
13.30
|
|
Durung
pada teka tah, Mba?
|
fatik
|
Power
point sudah saya buat tapi belum semua.
|
referensial
|
||
Kita
periksa lagi aja ya,Mba.
|
konatif
|
||
Ini
bagaimana? Sepakat?
|
referensial
|
||
Oke,
lanjut.
|
emotif
|
||
Nah,
baru sampe ini.
|
fatik
|
||
Begini
saja, saya yang ngetik, Mba yang diktekan saja.
|
konatif
|
||
Wah,
Mba Urip baru datang. Bawa lap top-nya, Mba?
|
referensial
|
||
Presentasi
pake punya Mba Urip saja,ya.
|
konatif
|
||
Punyaku
suka ngadat.
|
referensial
|
||
Sini,
flash disk-nya, Mba.
|
konatif
|
||
Walah,
virus melulu nih.
|
emotif
|
||
Tenang,
saya scan dulu deh.
|
fatik
|
||
Sabar...
sabar, Mba.
|
konatif
|
||
|
|
Pulang,
yuk. Sudah sore nih.
|
konatif
|
Ya,
besok bada duhur saja, seperti sekarang.
|
konatif
|
||
Hayu,
pulang bareng saya saja, Mba.
|
konatif
|
||
16.00
|
|
Mba,
saya langsung saja ya.
|
fatik
|
Thanks,
Mba. Belum shalat, mandi, persiapan maghrib juga.
|
referensial
|
||
Yu,
Mba. Assalamualaikum ...
|
fatik
|
||
16.20
|
|
Assalamu’alaikum
|
fatik
|
Ibu
dari kampus dua, De.
|
fatik
|
||
Aman
kenapa? Ga mau makan?
|
referensial
|
||
Ayo.
Ibu suapi ya.
|
konatif
|
||
18.10
|
|
Alhamdulillah,
selesai juga puasa kita hari ini, ya Zen.
|
emotif
|
Ayo.
Pada shalat dulu, ya.
|
konatif
|
||
Apa
itu ribut-ribut, De.
|
referensial
|
||
Ya,
Allah! Motornya siapa, Yah.
|
emotif
|
||
Motonya
Mba Dewi? Ayah tahu siapa malingnya?
|
referensial
|
||
Masya
Allah, kasihan banget
|
emotif
|
||
Da,
langsung dimasukkan saja motornya, jangan parkir di luar.
|
konatif
|
||
Tuh,
motornya mamah Ara, parkir sebentar, eh ... digondol maling!
|
referensial
|
||
20.00
|
|
Ini
kopinya, Yah.
|
fatik
|
Mana?
Anaknya Ai sudah besar ya.
|
fatik
|
||
Yah,
tolong cariin illumi sih.
|
konatif
|
||
Ya,
waktu diklat di Cimahi.
|
fatik
|
||
21.30
|
|
Ada
apa, De? Edit proposal? Aih gimana jeh!
|
referensial
|
Selesaikan
dulu! Baru diedit sama ibu.
|
konatif
|
||
Ya,
sayang ... gitu dong.
|
emotif
|
||
Masih
ada waktu satu bulan, tapi jangan ditunda-tunda,oke?
|
referensial
|
Dari
tabel tersebut dapatlah disimpulkan penggunaan fungsi bahasa dalam komunikasi
sehari-hari sebagai berikut.
1.
Fungsi bahasa referensial adalah 51,56 %
2.
Fungsi bahasa persusif adalah 20,83 %
3.
Fungsi bahasa emotif adalah 11,97 %
4.
Fungsi bahasa fatik adalah 14,58 %
5.
Fungsi bahasa putik adalah 1,04 %
6.
Fungsi bahasa metalinguistik 0 %
Fungsi
bahasa yang paling banyak digunakan adalag fungsi bahasa referensial, fungsi
bahasa yang paling sedikit digunakan adalah fungsi putik. Sedangkan fungsi
bahasa metalinguistik tidak digunakan.
Dengan demikian, fungsi
bahasa yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari bersifat multifungsi.
Presentasi penggunaan fungsi bahasa dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi situasi
dan tujuan berbahasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar