1. Kontribusi
atau sumbangan filsafat pendidikan terhadap perkembangan pendidikan di
Indonesia dapat dijelaskan sebagai berikut. Filsafat
pendidikan adalah filsafat yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah
pendidikan. Filsafat ini bertujuan memberikan insiprasi bagaimana
mengorganisasikan proses pembelajaran yang ideal. Sedangkan peran filsafat pendidikan
adalah memberikan inspirasi, yakni menyatakan tujuan pendidikan negara bagi
masyarakat, memberikan arah yang jelas dan tepat dengan mengajukan pertanyaan
tentang kebijakan pendidikan dan praktik di lapangan dengan menggunakan
rambu-rambu dari teori pendidikan.
S Selain itu, filasfat pendidikan juga
berfungsi membantu tujuan pedagogis yang dapat ditetapkan meliputi empat aspek
yang saling berhubungan yaitu: fungsi analisis, evaluasi, spekulasi, dan
integratif. Fungsi analisis adalah
konsepsi analisis dan kesimpulan bagi sebuah praktik pendidikan. Fungsi evaluasi
adalah analisis dan komparatif atas sesuatu untuk mendapatkan kesimpulan bagaimana menetapkan klasifikasi suatu
prestasi secara tepat dengan data objektif (berupa angka-angka, statistik). Fungsi spekulatif yaitu berusaha
mengerti keseluruhan persoalan pendidikan dan antar hubungannya dengan
faktor-faktor lain yang mempe-ngaruhi pendidikan. Persoalan itu misalnya, apakah
pendidikan itu bermanfaat atau mungkin berguna atau tidak, apakah pendidikan
itu untuk individu atau kepentingan sosial, apakah dipusatkan bagi pembinaan
pribadi atau untuk masyarakat ataukah untuk kepentingan dunia ini atau bagi
kehidupan akhirat, apakah kedudukan individu di dalam masyarakat independen
atau dependen, mana yang lebih penting dalam pendidikan itu apakah ilmu; intelek;
atau akalnya atau keterpaduan akal-karsa-rasa. Untuk mencapai tujuan pendidikan
yang ideal apakah isi pendidikan (kurikulum) yang diutamakan untuk membina kepribadian
yang sekaligus member kemampuan memangku suatu jabatan, atau yang lainnya,
bagaimana azas penyelenggaraan pendidikan yang baik, sentralisasi,
desentralisasi, atau dekonsentrasi, apakah dengan leadership yang instruktif
atau demokratis. Fungsi integratif yaitu
sebagai pemandu fungsional semua nilai dan azas normatif dalam ilmu
kependidikan sebab filsafat merupakan roh pendidikan. Dari penjelasan tersebut
dapatlah diketahui bahwa kontribusi atau sumbang filsafat pendidikan terhadap
perkembangan pendidikan di Indonesia adalah memberikan inspirasi, dan arah yang
jelas bagi pengambilan kebijakan pendidikan dan implementasinya di lapangan.
Serta memberikan solusi dan jawaban bagi persoalan-persoalan pendidikan yang
muncul dan menjadi isu dalam perkembangan pendidikan itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar