RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
SMP / MTS : SMP MUHAMMADIYAH 2 CIREBON
Kelas / Semester: IX / 2
Tahun Pelajaran : 2011/2012
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk kaya ilmiyah sederhana,teks pidato,suat pembaca.
B. Kompetensi Dasar
Menulis kaya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber.
C. Indikator
· Mampu menuliskan catatan pustaka dan daftar pustaka sebagai rujukan.
· Mampu menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
· Mampu menyunting karya tulis
D. Tujuan Pembelajaran
- Setelah mengamti contoh kutipan, siswa dapa tmengembangkan gagasan dari berbagai sumber tertulis.
- Setelah mengamti contoh karya tulis, siswa dapat mengembangkan bagian karya tulis.
- Setelah membuat dan memperhatikan cotoh karyatulis, siswa dapat mengembangkan kerangka karya tulis.
- Siswa menulis karya tulis sederhana berdasarkan objek yang telah ditentukan.
- Menyunting karya tulis teman.
E. Materi Pokok
Menulis kutipan dalam karya tulis (terlampir)
F. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Penugsan
- Latihan
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Ke – 1
Ke - 2
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Penutup
Guru bersama siswa melakukan refleksi dengan menggunakan apa yang telah dipelajari dan kesulitan apa yang dihadapi siswa.
Guru menjelaskan tugas-tugas pada pertemuan berikutnya, yaitu secara berkelompok menyelesaikan dan memperbaiki karya tulis untuk diskusikan
Pendahuluan
Bertanya jawab terkait dengan tugas kelompok dalam menulis karya tulis / karya ilmiah
Kegiatan inti
Penutup
Guru bersama siswa melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah dan belum di kuasai dalam penulisan karya tulis.
Hasil karya tulis di fortopoliokan dan di simpan di perpustakaan.
|
10 menit
55 menit
|
H. Alat/ Bahan / Sumber
Contoh Karya Tulis
Buku bahasa dan sastra Indonesia kls. IX oleh Suparno, dkk
LKS
I. Penilaian
Indikator
|
Teknis
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1. Menuliskan sistmatika krya tulis
2. Mempu menuliskan kerangka karya tulis dari berbagai sumber dan mengembangkan kerangka tersebut
3. Menuliskan Daftar pustaka
|
Tes
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tulsikan sistematika penulisan karya tulis
Buatlah kerangka kaya tulis dari sumber yang kamu punya atau dari sumber lain, dan kembangkan kerangka tersebut.
Tuliskan buku yang dijadikan bahan acuan diri penulisan karya tulis
|
Cirebon, 6 Februari 2012
Guru Mata Pelajaran,
Eva Fauziah, S.Pd
Lampiran 1
Alat / Bahan / Sumber
A. Contoh Kerangka karya Ilmiah
1. Halaman judul
2. Halaman pengesahan
3. Abstraksi
4. Kata pengantar
5. Daftar isi
6. Bab I Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Tujuan Penelitian
1.4. Metode Penelitian
1.5. Sistematika Penulisan
7. Bab II Landasan Teori
8. Bab III Pembahasan
9. Bab Iv Penutup
4.1. Kesimpulan
4.2. Saran
10 Daftar Pustaka
B. Pola Kerangka Karya Ilmiah (sederhana)
Karya ilmiah biasanya disusun dengan urutan sebagai berikut.
a. Halaman Judul, susunannya sebagai berikut.
1. Judul 3. Maksud tulisan 5. Nama instansi/lembaga
2. Jenis Tulisan 4. Identitas tulisan 6. Tahun Pembuatan
b. Halaman Pengesahan
c. Kata Pengantar, berisi antara lain
1. Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Maksud dan Tujuan penyusunan kaya ilmiah
3. Ucapan terimakasih kepada orang yang telah membantu dalam penyusunan karya ilmiah
d. Daftar isi
e. Pendahuluan , berisi antara lain.
1. Latar belakang
2. Permasalahan
3. Tujuan Penelitian
4. Metode
5. Sistematika
f. Pembahasan
g. Penutup
h. Daftar pustaka
C. Daftar Pustaka
Cara menulis daftar pustaka sebagai berikut
- Jika nama pengarang dari dua kata, kata kedua harus didahulukan
- Tahun penerbitan diakhiri titik (.)
- Judul buku diakhirititik (.)
- Kata penerbitan diakhiri tamda titik dua (J
- Nama penerbit diakhiri titik (.)
- Daftar pustaka disusun berdasarkan alfabetis
Lampiran 2
LKS
- Cari satu contoh karya tulis ilmiah ! dan rangkumlah apa gagasan karya ilmiah tersebut …………
- Tuliskan sistematika penulisa karya ilmiah tersebut.
- Buatlah salah satu contoh kerangka karya tulis dan kembangkan kerangka tersebut ±500 kata
- Tuliskan buku acuan yang kamu pakai dalam karya ilmiah tersebut ke dalam daftar pustaka.
Lampiran 3
Alat dan Rubrik Penilaian
Tes tulis
- Alat Penilaian
Tuliskan daftar pustaka yang kamu gunakan sebagai sumber atau bahan acuan dalam menulis karya ilmiah !
- Rubrik Penilaian
Rupbrik Kemampuan Menulis Daftar Pustaka
No
|
Aspek Yang diamati
|
Skor
|
1.
2.
|
Kesesuaian dengan uruan penulisan daftar psutaka
Sesuai dengan ke -6 urutan penulisan
Kesesuaian ada 5 dalam urutan
Kesuesuaian ada 4 dalam urutan
Kesesuaian ada 2 dalam urutan
Kelengkapan isi daftar pustaka dan penyusunan dengan secara alfabetis
Lengkap dan secara alfabetis
Kurang lengkap dan alfabetis
Tidak lengkap dan alfabetis
Tidak lengkap dan tidak alfabetis
|
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Lampiran 4 : Bahan Pengayaan
- Buatlah karya tulis ± 500 kata
- Tulis daftar pustakanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar